Menghilangkan Ikon Ganda pada Plank

Artikel ini membahas mengenai cara menghilangkan ikon ganda yang ada pada Plank (Elementary OS dock) atau dengan kata lain ada dua ikon pada Plank saat aplikasi berjalan.

Mungkin bagi kamu pengguna Elementary OS pernah mengalami hal yang sedikit menjengkelkan pada saat asik bermain dengan laptop kesayangan. Ya, ketika kamu hendak menjalankan aplikasi dengan mengklik ikon yang ada pada Plank ternyata ikon aplikasi tersebut muncul kembali sehingga ikon aplikasi yang sama menjadi dua. Penampakannya kurang lebih seperti ini
Saya pun pernah mengalaminya :D. Ketika itu, aplikasi Google Chrome versi stabil dan WPS Office sama-sama membuat ikon ganda pada Plank. Namun, setelah saya googling akhirnya menemukan solusi dari website ini Google Chrome With Double Icon In Plank.

Bagaimana Solusinya?

Ada dua cara yang bisa dilakukan.
1. Mengganti nama file .desktop
2. Merubah alamat eksekusi aplikasi

#1 Buka pantheon-files dengan akses root. Di terminal, ketikkan perintah
 gksu pantheon-files
#2 Pergi ke File System > usr > share > applications dan cari aplikasi yang bermasalah kemudian buka menggunakan aplikasi teks editor.
#3 Cari baris Exec=/usr/bin/nama_aplikasi dan samakan nama file dan alamat eksekusinya. Misalkan nama file .dekstop adalah wps-office-wpp.desktop dan alamat eksekusinya yaitu Exec=/usr/bin/wppKamu bisa ubah nama menjadi : (nama file dan alamat eksekusi)
wpp.desktop dan Exec=/usr/bin/wpp
atau bisa juga seperti ini
wps-office-wpp.desktop dan Exec=/usr/bin/wps-office-wpp
Intinya, nama file dan alamat eksekusi disamakan.
Selesai..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.